Menjaga Kesehatan Ginjal Agar Tak Berujung Petaka

Menjaga Kesehatan Ginjal Agar Tak Berujung Petaka

Oleh : dr. Emy Andrini

Ginjal merupakan organ penting pada manusia yang mempunyai fungsi utama membuang zat-zat sisa metabolisme tubuh atau zat-zat racun keluar dari tubuh melalui urine. Selain itu ginjal juga mengatur keseimbangan cairan dan asam basa serta menghasilkan hormon-hormon yang diperlukan oleh tubuh.

Kesehatan ginjal harus benar-benar kita perhatikan karena apabila sudah terjadi kerusakan ginjal yang kronis maka sifatnya akan ireversibel (menetap) dan progresif (terus bertambah berat). Bahkan pada kasus yang lebih lanjut di mana fungsi ginjal sudah sangat menurun, seseorang  harus menjalani terapi pengganti ginjal secara rutin, salah satunya kita kenal dengan hemodialisa (cuci darah) yang menjadi hal menakutkan bagi kebanyakan orang.

Tindakan pencegahan merupakan upaya terbaik dalam hal menjaga kesehatan ginjal. Hal-hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga fungsi ginjal kita tetap sehat di antaranya dengan minum air putih dalam jumlah yang cukup yaitu 6-8 gelas sehari. Bila pekerjaan seseorang cukup berat, terpapar panas terus-menerus dan menghasilkan banyak keringat, dapat menimbulkan kekurangan cairan (misal: tukang bangunan, tukang masak, olahragawan), sehingga jumlah air yang diminum harus lebih banyak lagi untuk mengganti kehilangan cairan. Selain itu hindari minuman yang banyak mengandung zat pewarna sintetik dan zat pengawet yang dapat mengganggu kesehatan ginjal.

Hindari kebiasaan menahan keinginan untuk buang air kecil yang dapat menimbulkan resiko terjadinya infeksi saluran kencing. Infeksi saluran kencing bagian bawah yang tidak tertangani dengan baik akan naik ke saluran kencing bagian atas (ginjal) dan lama-kelamaan akan mempengaruhi fungsi ginjal.

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor resiko terbanyak terjadinya gagal ginjal. Oleh karena itu tekanan darah harus terkontrol dengan baik (< 140/90 pada seseorang tanpa komplikasi dan < 130/90 pada seseorang dengan komplikasi penyakit lain). Kurangi konsumsi garam dan jauhi makanan-makanan olahan. Bagi penderita hipertensi harus rutin minum obat anti hipertensi. Jangan takut menderita gagal ginjal karena setiap hari harus minum obat-obatan anti hipertensi, seperti yang diyakini kebanyakan orang. Justru tekanan darah yang tidak terkontrol itulah yang akan mengakibatkan kerusakan pada ginjal.

Penyakit diabetes mellitus (kencing manis) merupakan salah satu penyebab terbanyak gagal ginjal selain tekanan darah tinggi. Kadar gula yang tinggi terus menerus akan merusak ginjal sehingga penderita diabetes mellitus selain harus memeriksakan kadar gula darah, juga perlu melakukan pemeriksaan urinalisa maupun pemeriksaan fungsi ginjal (ureum dan creatinin) secara rutin.

Apabila ada keluhan buang air kecil (nyeri atau terasa panas saat buang air kecil , urin berwarna keruh atau kemerahan), kolik (nyeri pada perut terutama bawah pusar) atau nyeri pinggang jangan segan konsultasi ke dokter. Hal tersebut dapat terjadi pada kasus infeksi maupun batu saluran kencing. Dokter akan melakukan pemeriksaan urinalisa pada awalnya. Apabila dokter mencurigai adanya batu saluran kencing, dokter akan meminta pemeriksaan lanjutan seperti USG abdomen, BNO atau IVP. Infeksi maupun batu saluran kencing yang tidak mendapatkan terapi atau tatalaksana yang baik dapat mengakibatkan gagal ginjal.

Obat-obat nyeri atau antibiotika dapat bersifat nefrotoksik (meracuni ginjal) apabila penggunaannya tidak rasional atau dalam jumlah dan dosis yang berlebihan. Oleh karena itu konsultasikan dengan dokter apabila kita memerlukan terapi obat. Hati-hati sekali terutama pada seseorang yang sudah terdiagnosis gagal ginjal untuk pemberian terapi obat-obatan agar tidak memperburuk sisa fungsi ginjal yang ada.

Menjaga pola hidup sehat dengan engkonsumsi makanan sehat dan bergizi, berolah raga teratur, menjaga berat badan ideal, tidak merokok maupun minum alkohol, dan menghindari stress akan menjaga kondisi tubuh kita sehat dan bugar secara keseluruhan, termasuk kondisi organ ginjal yang kita miliki.

0 Komentar