Mengenal USG 4 Dimensi

Mengenal USG 4 Dimensi

Oleh : Ali Roo’in Mas’uul, Radiolografer RSIY PDHI

Dewasa ini teknologi sangat berkembang pesat terutama IT (Informatic Technology) yang berdampak pada semua aspek kehidupan. Salah satu perkembangan  IT tersebut adalah di bidang kesehatan. Dalam bidang kesehatan modern telah memanfaatkan perkembangan teknologi untuk meningkatkan efisiensi serta efektivitas pelayanan kesehatan. Salah satu contoh aplikasi dunia IT di bidang kesehatan adalah penggunaan alat-alat kedokteran yang mempergunakan aplikasi komputer, salah satunya adalah ultrasonografi (USG).

USG adalah suatu alat dalam dunia kedokteran yang memanfaatkan gelombang ultrasonik, yaitu gelombang suara yang memiliki frekuensi yang tinggi (250 kHz – 2000 kHz) yang kemudian hasilnya ditampilkan dalam layar monitor. USG digunakan untuk mencitrakan bagian dalam organ atau suatu jaringan sel (tissue) pada tubuh, tanpa membuat sayatan atau luka (non-invasive). Interaksi antara fenomena fisik tissue dan diikuti dengan teknik pendeteksian hasil interaksi itu sendiri untuk diproses dan direkonstruksi menjadi suatu citra (gambar).

Pemeriksaan USG dibagi menjadi 4 macam pencitraan, diantaranya adalah :

USG 2 Dimensi,

Alat ini menampilkan gambar dua bidang (memanjang dan melintang). Bila kualitas alat baik, pada pemeriksaan janin sebagian besar keadaan janin dapat ditampilkan.

USG 3 Dimensi

Dengan alat USG ini maka ada tambahan satu bidang gambar lagi yang disebut koronal. Gambar yang tampil mirip seperti aslinya. Permukaan suatu benda dapat dilihat dengan jelas. Pada pemeriksaan USG janin, keadaan janin dapat dilihat  dari posisi yang berbeda. Ini dimungkinkan karena gambarnya dapat diputar (bukan janinnya yang diputar).

USG 4 Dimensi

Sebetulnya USG 4 Dimensi ini hanya istilah untuk USG 3 dimensi yang dapat bergerak (live3D). Bila gambar yang diambil dari USG 3 Dimensi statis, sementara pada USG 4 Dimensi, gambar yang dilihat dapat “bergerak”. Pada pemeriksaan USG janin, pasien dapat melihat lebih jelas dan membayangkan keadaan janin di dalam rahim.

USG Doppler

Pemeriksaan USG yang mengutamakan pengukuran aliran darah. Alat ini dapat digunakan untuk menilai keadaan/ kesejahteraan janin. Penilaian kesejahteraan janin ini meliputi aktivitas denyut janin, gerak janin, arteri umbilicalis, indeks cairan ketuban dan tonus janin. USG Doppler juga dapat digunakan untuk mengukur aliran darah di sekitar anggota gerak ( ekstremitas ).

USG atau Ultrasonografi dalam dunia kedokteran memang bukan barang baru. Kehadirannya terkadang masih menimbulkan kekhawatiran pada sebagian orang tentang penggunaan dan manfaatnya. Misalnya, kekhawatiran akan radiasi yang ditimbulkan dari alat tersebut. Pemeriksaan USG tidak memberikan efek radiasi karena proses pencitraannya menggunakan gelombang ultrasonik yaitu jenis gelombang yang bukan termasuk radiasi pengion sehingga tidak akan menimbulkan ionisasi pada organ  dan tidak ada efek biologis.

Banyak sekali manfaat lain USG selain untuk mengetahui kondisi janin dalam kandungan diantaranya adalah : (1) USG Abdomen (perut), jenis pemeriksaaan ini meliputi organ saluran kemih, saluran cerna, organ reproduksi, hati, limfa dsb. (2) USG Mammae (payudara), pemeriksaan ini biasanya dilakukan untuk mengetahui benjolan pada payudara dan untuk memastikan bahwa benjolan tersebut tumor atau bukan. (3) USG Testis, pemeriksaan organ reproduksi pria. 4) USG Thyroid, pemeriksaan ini digunakan untuk mengetahui kelainan pada kelenjar Thyroid yang terletak di daerah leher. (5) USG Kepala Bayi, Pemeriksaan ini dilakukan untuk beberapa kondisi kepala bayi yang  tidak normal, sebagai contoh adalah hydrochepalus (pembesaran kepala karena akumulasi cairan yang berlebihan dalam otak). (6) USG Doppler Ekstremitas, pemeriksaan ini digunakan untuk menilai pembuluh darah pada anggota gerak, yang dapat ternilai di sini yaitu kecepatan aliran darah, pembesaran atau penyempitan pembuluh darah, pergerakan dan volume cairan sendi. (7) USG Paru dan (8) USG Jantung.

Jadi, USG 4 Dimensi adalah USG 3 Dimensi yang bisa “bergerak”, hasilnya lebih jelas dan aman digunakan.

0 Komentar