Budayakan Cuci Tangan Yang Baik dan Benar

Budayakan Cuci Tangan Yang Baik dan Benar

Oleh : Dwi Kurniawati, A.Md.Kep

Ketika kita mempertanyakan, mengapa harus mencuci tangan?. Ribuan bahkan jutaan kuman yang tidak kasat mata ada disekitar kita. Sadar atau tidak sadar, mau atau tidak mau, kita akan melakukan kontak atau bahkan tidak mungkin untuk terhindar sama sekali (steril). Karena itulah, kapan saja di saat kondisi badan lemah terutama anak-anak, sistem pertahan tubuh (immunitas) tidak mampu melawan keganasan (patogenitas) kuman-kuman yang masuk ke dalam tubuh tanpa kita sadari, baik melalui makanan dan minuman, setelah bekerja, bermain ataupun keluar dari kamar kecil, yang pada akhirnya kita akan jatuh sakit.

Mencuci tangan adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menghentikan penyebaran kuman terhadap diri sendiri dan orang lain. Setiap kali kita menyentuh sesuatu atau seseorang, kita dapat memindahkan kuman ke dan dari tangan kita. Setelah itu, sangatlah mudah bagi kuman untuk masuk kedalam tubuh kita ketika kita menyentuh mulut, mata atau hidung kita

Untuk memastikan bahwa tangan kita benar-benar bersih dan menurunkan resiko terkena infeksi, cuci tangan dengan sabun cuci tangan baik padat maupun cair. Jika kita selalu ingat dan melaksanakan untuk mencuci tangan pada waktu-waktu yang penting dalam sehari, kita dapat menurunkan resiko menjadi sakit.

Cuci tangan dilakukan pada saat : Setelah memegang bahan makanan mentah, seperti unggas dan daging mentah, Setelah ke toilet atau mengganti popok, Setelah mengalami kontak dengan darah atau cairan tubuh (misal : muntah, cairan dari hidung, dan air liur), Setelah menyentuh binatang atau peralatan mereka, Setelah menyentuh daerah yang tercemar (misal : kotak sampah, pembersih pakaian, saluran air, dan tanah), Sebelum membalut luka, memberikan obat, atau masukan kontak lensa, Kapanpun tangan nampak kotor.

Bisakah kita mencuci tangan? kita pasti menjawab ‘Bisa!’, tapi bagaimana bila kita diminta oleh buah hati kita untuk memberikan contoh cara mencuci tangan yang baik dan benar?. Saya yakin tidak semua bisa menjawabnya dan memberikan contoh cuci tangan yang baik dan benar, bahkan untuk memperagakannya pun terkesan asal-asalan yang penting basah. Ya, begitulah kenyataannya. Mencuci tangan memang hal kecil, tapi sama sekali bukan hal yang sepele.

Bayangkan, seandainya putra-putri kesayangan kita setelah asik bermain dengan tangan yang penuh dengan kotoran, pergi ke meja makan dan langsung menyambar makanan yang ada. Dapat dipastikan tidak lama kemudian atau esok hari buah hati kita akan mengeluh perutnya sakit, badan panas, dan lain sebagainya, yang berati buah hati kita akan jatuh sakit. Tentu sebagai orang tua, kita tidak menginginkannya bukan?

Dalam keseharian, kita tidak terlepas dari kegiatan cuci tangan. Berikut akan di jelaskan bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar untuk meminimalkan kejadian infeksi kuman. Sebelum melalukan gerakan 6 langkah cuci tangan, basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir, ambil sabun secukupnya ditelapak tangan.

Selanjutnya lakukan gerakan 6 langkah tersebut yaitu : 1) Usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut. 2) Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian. 3) Lanjutkan dengan jari-jari tangan, sela-sela jari dengan menautkan tangan kanan dan kiri sehingga sela-sela jari saling bergesekan sampai bersih. 4) Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan kedua tangan dan saling menggosok. 5) Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian. 6) Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan.

Bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu. Penggunaan sabun khusus cuci tangan baik berbentuk batang maupun cair sangat disarankan untuk kebersihan tanganyang maksimal.

Inilah 6 langkah mencuci tangan di atas umumnya membutuhkan waktu 20 – 40 detik. Pentingnya mencuci tangan secara baik dan benar memakai sabun adalah agar kebersihan terjaga secara keseluruhan serta mencegah kuman dan bakteri berpindah dari tangan ke tubuh kita.

PRESTASI

logo_paripurna_syariah_rsiy_pdhi-min

JADWAL DOKTER

No upcoming events for today

Agenda / Event