Makanan Tepat untuk Jantung Sehat

Jantung merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh kita. Kasus kematian nomor satu di dunia disebabkan karena serangan penyakit jantung. Untuk itu menjaga kesehatan jantung sangat penting dan harus dimulai sejak dini. Dengan berolah raga secara teratur, tidak merokok, dan hindari stres serta mengkonsumsi nutrisi  penting bagi jantung sehat merupakan kiat-kiat menuju jantung sehat.

Makanan untuk jantung sehat

Berikut ini berbagai macam jenis makanan yang bermanfaat untuk kesehatan jantung, diantaranya :

Oat Meal

Makanan ini mengandung asam lemak omega 3, asam folat potasium dan tinggi serat yang mampu menurunkan kolesterol jahat ( LDL ) dan menjaga saluran arteri tetap bersih. Oat merupakan biji-bijian yang murni yang kaya akan mineral. Dengan mengkonsumsi makanan ini bisa mengurangi resiko penyakit jantung.

Salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang dapat mengurangi tekanan darah dan menjaga kelancaran aliran darah, mengkonsumsi 2 porsi seminggu dapat mengurangi angka kematian yang disebabkan penyakit jantung

Alpukat

Mengandung lemak nabati ( asam lemak tak jenuh ) yang bisa menurunkan kolesterol jahat ( LDL ) dan meningkatkan kolesterol baik ( HDL ) dalam darah.

Bayam

Bayam membantu detak jantung dalam kondisi terbaik, karena kandungan lutein, folat, potasium dan serat tinggi.

Kedelai

Kedelai menekan kolesterol jahat, dan karena mengandung sedikit lemak jenuh, ini merupakan sumber makanan yang kaya protein untuk diet sehat bagi jantung. Diet yang kaya protein kedelai bisa menurunkan trigliserida, sehingga membantu mencegah penyakit kardiovaskular dan menjaga jantung tetap kuat dan sehat. Protein kedelai juga baik bagi mereka yang mempunyai kolesterol tinggi karena protein kedelai kaya lemak poliunsaturated, serat, vitamin dan mineral.

Cokelat

Cokelat mampu menurunkan kadar LDL (biasa disebut kolesterol jahat) dan trigliserida, meningkatkan HDL. Dilaporkan pula bahwa kakao mengandung antiseptik fenol, senyawa anti inflamasi yang membuat lemak teroksidasi dalam aliran darah sehingga menyumbat pembuluh darah. Ingat bahwa coklat murni seperti dark chocolate yang sehat, dan jangan berlebihan makan coklat yang sudah dalam bentuk milk chocolate karena sudah banyak dicampur oleh pemasih dan susu full cream.

TehHijau

Teh hijau memiliki kadar kafein lebih rendah dibanding dengan teh hitam atau teh olong dan sangat mudah untuk penyajiannya. Meski begitu ketiga teh di atas mengandung antioksidan seperti vitamin A, C dan E dan flavonoid (senyawa organik yang mampu melarutkan karsinogen dan melawan sel kanker).

Jeruk

Flavanon (subkategori flavanoid) biasa dikenal sebagai antioksidan aktif dalam jeruk mampu menurukan LDL dan meningkatkan HDL. Selanjutnya juga disebutkan bahwa orang dengan kadar kolesterol tinggi sangat dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi jeruk, grape dan lemon sebelu beralih pada obat statin (obat penurun kolesterol).

Apel

Apel memiliki kandungan flavonol yang disebut quercetin. Terbilang efektif membantu mencegah pembekuan darah dan merupakan sumber vitamin dan serat.

Tips menjaga jantung tetap sehat

Selain pemilihan bahan makanan yang baik dan berhati-hati dalam mengolah makanan merupakan hal yang tidak kalah pentingnya dalam menjaga kesehatan jantung. Berikut ini 7 hal yang harus diperhatikan agar jantung kita tetap sehat :

  1. Masaklah makanan dengan cara menumis, dan hindari menggoreng.
  2. Pilihlah minyak yang mengandung  lemak tak jenuh yang baik bagi jantung
  3. Pilih protein yang mengandung sedikit lemak, seperti ikan, daging ayam tanpa kulit, daging tanpa gajih.
  4. Gunakan bumbu segar, hindari bumbu instan dan penyedap masakan
  5. Hindari makanan dan minuman kemasan
  6. Ikuti gaya hidup sehat
  7. Patuhi diet jantung

Oleh: Dini Handayani, A.Md, Gizi RSIY PDHI

0 Komentar