Menyiapkan P3K Di Rumah, Apa Saja Yang Perlu Disediakan

Menyiapkan P3K Di Rumah, Apa Saja Yang Perlu Disediakan

Oleh: Hanung Eskandar, Perawat RSIY PDHI

Manusia sebagai makhluk hidup banyak yang tidak menyadari atau melupakan sebuah kenikmatan yang didapatnya. Diantaranya nikmat yang sering dilupakan manusia adalah nikmat sehat, sehingga bagaimana kita bisa menjaga diri kita agar tetap sehat karena dengan sehat kita bisa beraktivitas apa saja. Sehingga setiap rumah atau keluarga sebagai antisipasi harus memiliki atau menyediakan perlengkapan tempat obat dan obat-obatan tertentu yang siap dipergunakan untuk pertolongan pertama ada kecelakaan (P3K) dan untuk gangguan-gangguan kesehatan yang sering dijumpai di rumah.

Saat ini banyak di perjualkan berbagai macam dan bentuk tempat obat, sehingga kita harus bisa memilih seperti apa tempat obat yang kita perlukan, tentunya sesuai kebutuhan kita dan kondisi dilingkungan kita, yang jelas adalah yang aman untuk obat dan juga aman untuk anak-anak, maksudnya tidak mudah di buat untuk mainan anak-anak.

Jumlah obat yang dianjurkan untuk tempat obat adalah jumlah paling sedikit yang harus ada dalam persediaaan. Pada beberapa keadaan, obat-batan ini hanya cukup untuk memulai suatu pengobatan. Kita harus segera membawa orang yang sakit tersebut ke rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan yang lain untuk mendapat pengobatan dan perawatan lebih lanjut.

Tempat obat di rumah harus selalu dipelihara dan di pantau agar ketika kita memerlukannya obat selalu ada dan siap untuk dipakai tidak kadaluwarsa. Sehingga diperlukan cara memelihara tempat obat dirumah dengan baik.

Berikut ini beberapa cara memelihara tempat obat di rumah:

  1. INGAT : jauhkan semua obat dari jangkauan anak-anak, karena semua obat bila diminum dalam takaran yang besar dapat menjadi racun.
  2. Pastikanlah agar pada masing-masing obat diberi  label dan cara pemakaiannya dengan jelas.
  3. Simpanlah semua obat dan perlalatan kedokteran bersama-sama ditempat yang bersih, kering dan sejuk serta bebas dari tikus dan serangga.
  4. Simpanlah persediaan obat-obatan penting agar dapat segera digunakan dalam keadaan darurat. Setiap kali obat dipakai, kembalikanlah segera setelah selesai.
  5. Perhatikan TANGGAL KADALUWARSANYA setiap obat. Jika tanggal tersebut telah terlewat atau obat tampak rusak, segera musnahkanlah dan gantiah dengan obat yang baru.

Kemudian perlengkapan apa saja yng harus ada dalam tempat obat P3K kita, diantaranya adalah obat-obatan dan peralatan kedokteran. Perlengkapan obat-obatan ini harus cukup untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan yang sering terjadi di rumah dan lingkungan kita.

Berikut beberapa perlengkapan yang harus di sediakan  dalam tempat P3K kit dirumah:

PEMAKAIAN PERLENGKAPAN JUMLAH YANG DISARANKAN
Untuk luka-luka Kainkasa yang steril dalam boxnya 1 box
  Gulungan kasa pembalut ukuran 5 cm dan 10 m Masing-masing 2 rol
  Plester perekat, gulungan 1 rol
  Desinfektan ( seperti betadhin) 1 botol / 60cc
  Alkohol 70 % 1 botol / 60cc
  Gunting bersih( tidak berkarat) 1 buah
  Penjepit (pinset) 1 buah
Untuk mengukur suhu thermometer 1 buah
Untuk menjaga agar perlengkapan tetap bersih Kantong plastik Beberapa helai
Untuk panas dan sakit Paracetamol syrup atau drop untuk anak, pracetamol tablet 500 mg untuk dewasa Syrup 1 botol, tablet 1 strep / 10 tablet
Untuk kehilangan cairan (dehidrasi) Bungkusan serbuk campuran untu minuman rehidrasi (seperti oralit dan lai-lain) 10 bungkus
  Gula pasir dan garam Masing-masing ¼ kg
   
0 Komentar