Sinusitis Lengkap - Penyebab, Gejala, Pengobatan dan Pencegahannya

Sinusitis Lengkap – Penyebab, Gejala, Pengobatan dan Pencegahannya

Sinusitis, mungkin di antara pembaca sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Sinusitis merupakan istilah medis untuk menggambarkan peradangan akibat infeksi pada mukosa rongga udara yang menghubungkan hidung dengan kepala. Bagaimana keluhan, penyebab, pengobatan dan pencegahannya, penulis akan ulas lebih dalam lagi dalam artikel ini.

Pengertian Sinusitis

Sinus adalah rongga udara yang dilapisi oleh mukosa yang terletak di dalam tulang-tulang wajah dan tengkorak. Sinus memiliki banyak peranan dalam membantu kelangsungan hidup kita diantaranya, untuk menghangatkan atau melembabkan udara yang dihirup, meringankan tengkorak, memberikan resonansi suara dan berperan dalam pertumbuhan tulang muka. Sinus terletak di sekitar rongga hidung kanan dan kiri, terdapat empat sinus yaitu sinus maksilaris (terletak di pipi) , sinus etmoidalis (di dekat kedua mata) , sinus frontalis (terletak di dahi) dan sinus sfenoidalis (terletak di belakang dahi). Masing-masing sinus memiliki saluran sendiri yang memungkinkan udara untuk keluar masuk dan menjaga agar sinus tetap kering, ketika sinus tersumbat dan berisi cairan, kuman (bakteri, virus, dan jamur) dapat berkembang dan menyebabkan infeksi.

Keluhan Sinusitis

Keluhan yang sering muncul pada penderita sinusitis diantaranya kesulitan bernafas karena hidung tersumbat akibat radang yang seringkali mengenai hidung, kehilangan kemampuan mencium bau, sering mencium bau busuk, batuk kronis yang biasanya makin parah pada malam hari, demam, sakit kepala seperti ditekan, sakit di sekitar pipi, nafas yang bau dan gangguan pendengaran.

Penyebab Sinusitis

Penyebab dari sinusitis ialah virus, bakteri dan jamur. Bakteri yang sering menyebabkan sinusitis ialah Streptococcus pneumoniae, Haemophilus influenza, dan Moraxella catarrhalis. Infeksi virus sering mengawali sinusitis bakteri. Sinusitis karena jamur jarang terjadi. Faktor resiko yang mempermudah seseorang terkena sinusitis bisa berasal dari hidung atau di luar hidung. Faktor resiko dari hidung adalah segala sesuatu yang menyebabkan sumbatan pada hidung seperti flu, rinitis alergi (pembengkakan pada lapisan hidung), polip hidung (pertumbuhan kecil di lapisan hidung), atau septum menyimpang (pergeseran di rongga hidung), merokok, polusi udara, udara dingin dan kering. Faktor resiko dari luar hidung seperti kelainan gigi yang dapat menyebabkan sinusitis yaitu infeksi pada gigi geraham atas (pre molar dan molar).

Pengobatan Sinusitis

Pengobatan dari sinusitis ialah dengan pemberian antibiotik, pencucian rongga hidung atau dengan pemanasan (fisioterapi). Pada sinusitis yang tidak kunjung sembuh atau sinusitis yang terdapat komplikasi maka dilakukan bedah sinus, tindakan pembedahan ini bertujuan untuk drainase cairan mucus yang terdapat di sinus.

Pencegahan Sinusitis

Bagaimana mencegah sinusitis, tentunya dengan lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatan tubuh kita. Menggosok gigi secara teratur merupakan salah satu hal yang mudah dan murah yang dapat kita lakukan untuk mencegah sinusitis. Seperti kata pepatah mencegah lebih murah daripada mengobati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan para pembaca.

Oleh dr. Ardi Nugraha Pranasetia

0 Komentar

PRESTASI

logo_paripurna_syariah_rsiy_pdhi-min

JADWAL DOKTER

No upcoming events for today

Agenda / Event