Ketahui Manfaat Dahsyat Senam Hamil untuk Persalinan

Ketahui Manfaat Dahsyat Senam Hamil untuk Persalinan

Setiap ibu hamil membutuhkan tubuh yang sehat dan bugar untuk menjalankan aktifitasnya. Tubuh sehat diperoleh dengan mengkonsumsi makanan bergizi yang cukup,  istirahat cukup dan olah tubuh sesuai takaran. Dengan kondisi tubuh yang   sehat dan bugar diharapkan ibu hamil tetap beraktifitas  seperti biasa dan dapat mengurangi stres akibat   cemas menjelang persalinan.

Kegiatan olah tubuh yang dilakukan tidak boleh berlebihan harus memperhatikan perubahan fisik pada ibu hamil tersebut. Dengan mengikuti senam hamil diharapkan dapat menjaga kesehatan tubuh dan janin dalam kandungan.

Senam hamil adalah suatu terapi latihan gerak pada ibu hamil berupa latihan relaksasi dan pernafasan untuk mempersiapkan ibu hamil secara fisik maupun mental dalam  menghadapi persalinan.  Senam hamil sebaiknya dilakukan secara rutin setelah umur kehamilan 20 minggu hingga saatnya, kecuali ada kelainan dalam kehamilan.

Pada dasarnya semua ibu dengan kehamilan  normal bisa mengikuti latihan senam hamil ini. Latihan secara teratur sangat bermanfaat karena relaksasi dan pernafasan yang dilakukan selama senam adalah dua  hal penting  yang harus diketahui setiap wanita hamil. Pernafasan telah digunakan sejak lama untuk membantu para ibu melahirkan dengan normal dan itu sangat penting karena latihan pernafasan menjadikannya alami, dan relaksasi membantu para ibu untuk mengurangi rasa sakit saat kontraksi sehingga mempermudah persalinan. Tetapi sayangnya hal tersebut tidak menghilangkan semua rasa sakit secara keseluruhan.

Beberapa latihan sederhana mengenai teknik relaksasi dan pernafasan akan membantu ibu menjalani masa kehamilam dan melahirkan.  Senam hamil dilakukan  sesuai dengan usia kehamilan, yang terbagi menjadi tiga trimester masa kehamilan. Tiap trimester mengandung rangkaian gerakan  masing – masing, yang satu berbeda  dengan lainnya. Gerakan tersebut disesuaikan sejalan dengan perkambangan kehamilannya.

Gerakan senam Hamil meliputi :

1 . Latihan untuk relaksasi dan pernafasan

2 . Latihan untuk kelentukan otot- otot sehingga diperoleh kerjasama otot yang berfungsi untuk melancarkan lahirnya bayi.

3 . Latihan untuk pelemasan sendi, sifat lemas dari persendian akan membantu ibu dalam mengambil posisi / sikap persalinan.

Adapun manfaat latihan senam hamil adalah :

1 . Mempersiapkan para ibu secara fisik dan mental mempersiapkan persalinan . Melakukan gerakan yang dibutuhkan selama proses persalinan yang akan membantu bayi melewati rongga panggul . Sedikit ruang ekstra pada pinggul sangat menyenangkan bagi bayi.

2 . Latihan ini baik untuk mengatasi kegelisahan atau kekhawatiran yang dirasakan.

3 . Melatih otot kaki dan otot panggul untuk mengurangi dan mencegah pegal – pegal,sakit pinggang dan punggung, serta nyeri daerah lipatan paha.

4 . Membantu konsentrasi yang sangat penting dalam proses persalinan.

5 . Memperbaiki dan mempertahankan posisi janin agar bagian kepala tetap di bawah.

6 . Membentuk dan mempertahankan  postur tubuh dan tulang belakang  ibu.

Perlengkapan yang disediakan sendiri saat senam:

  • Pakaian olah raga yang cukup longgar dan nyaman ( menyerap keringat )

  • Handuk kecil

  • Air minum

Mengingat  sangat besar manfaat senam hamil dalam menghadapi masa kehamilan dan persalinan maka marilah para ibu hamil  mengikuti latihan senam hamil.   Dalam rangka membantu para ibu hamil supaya lancar pada saat proses persalinan, maka RSIY PDHI membuka program senam hamil yang dijadwalkan seminggu sekali.

Oleh: Tri Kurwarini, Bidan RSIY PDHI

1 Komentar

Ketahui Manfaat Dahsyat Senam Hamil untuk Persalinan – PERSI DIY, Saturday, 12 Sep 2020

[…] post Ketahui Manfaat Dahsyat Senam Hamil untuk Persalinan appeared first on RSIY […]

Reply