Layanan Klinik Gigi di RSIY PDHI Jogja

Layanan Klinik Gigi di RSIY PDHI Jogja

KESEHATAN GIGI DAN MULUT

PENGERTIAN

Gigi sehat dan bersih? Tentu semua orang menginginkannya. Gigi yang sehat akan membantu fungsinya berjalan normal. Gigi yang bersih membuat penampilan seseorang semakin percaya diri. Maka dari itu menjaga kesehatan gigi sangatlah penting. Pada kenyataannya, kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi masih tergolong rendah. Hal ini menjadi suatu tantangan untuk memberikan pemahaman akan arti penting kesehatan gigi kepada masyarakat.

Gigi merupakan salah satu organ tubuh yang berfungsi untuk mengunyah makanan, berbicara dan juga sebagai fungsi estetika seseorang. Fungsi mulut dan gigi sebagai pintu utama masuknya makanan, di sisi lain juga sebagai pintu masuk berbagai jenis kuman, virus maupun bakteri. Makhluk kecil itu berpotensi untuk mengakibatkan masalah kesehatan pada organ tubuh yang lain. Fungsi gigi untuk mengunyah makanan sangat dipengaruhi oleh gigi yang sehat serta susunan gigi yang baik dan teratur. Fungsi gigi sebagai estetika sangat berperan dalam meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

PENTINGNYA KESEHATAN GIGI

Pernah merasakan bagaimana rasanya sakit gigi? Membayangkannya saja sudah membikin takut apalagi merasakannya. Oleh karena itu, untuk menghindari sakit gigi diperlukan perawatan mulut dan gigi yang teratur untuk tetap menjaga kesehatannya. Gigi yang tidak dirawat akan menyebabkan rasa sakit, gangguan pengunyahan dan gangguan kesehatan yang lain. Beberapa gangguan kesehatan pada gigi diantaranya gusi berdarah, gigi berlubang, gigi sensitif, karang gigi dan lain-lain.

LAYANAN KLINIK GIGI DI JOGJA

Perawatan gigi harus dilakukan secara teratur. Perawatan gigi dapat dilakukan di rumah dengan cara :

  1. Menggosok gigi secara teratur di pagi hari dan sebelum tidur malam.
  2. Hindari makanan yang manis secara berlebihan.
  3. Perbanyak makan buah dan sayur.
  4. Konsumsi air putih.

Selain perawatan di rumah, sebaiknya juga rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi minimal setiap 6 bulan sekali. Dengan memeriksakan gigi ke dokter gigi akan dapat dideteksi masalah gigi dan mulut sejak dini. Penanganan sejak dini akan menghindari masalah penyakit gigi yang lebih parah sehingga biaya pengobatannya pun lebih hemat.

RS Islam Yogyakarta PDHI sebagai salah satu rumah sakit yang ada di Yogyakarta membuka layanan klinik gigi untuk pasien umum dan pasien BPJS dengan didukung oleh tenaga medis dokter gigi umum dan dokter gigi spesialis serta tenaga paramedis perawat gigi yang handal. RS Islam Yogyakarta PDHI yang beralamat di Jalan Solo KM 12, 5 Kalasan Sleman Yogyakarta mempunyai akses yang mudah dijangkau karena tepat berada di pinggir jalan besar.

JENIS LAYANAN KLINIK GIGI DI JOGJA

RS Islam Yogyakarta PDHI membuka layanan klinik gigi bagi masyarakat yang membutuhkan. Layanan klinik gigi tersebut yaitu :

1. Layanan Klinik Gigi Umum.

Klinik Gigi Umum menyediakan layanan dokter gigi umum bagi masyarakat yang membutuhkan konsultasi, perawatan maupun pemeriksaan dan pengobatan bagi masyarakat yang membutuhkan.

2. Layanan Klinik Gigi Spesialis.

Dengan Klinik Gigi Spesialis, RS Islam Yogyakarta PDHI memfasilitasi masyarakat yang membutuhkan layanan dokter gigi spesialis sesuai kebutuhan.

Layanan dokter gigi spesialis yang ada RS Islam Yogyakarta PDHI yaitu :

  • Layanan Spesialis Bedah Mulut.
  • Layanan Spesialis Konservasi Gigi.
  • Layanan Spesialis Orthodonti.
  • Layanan Spesialis Prostodonti.
  • Layanan Spesialis Periodonti.

DOKTER GIGI SPESIALIS RS ISLAM YOGYAKARTA PDHI JOGJA

  1. drg. Eka Widiyanta, Sp.BM.
  2. drg. Fitria Ayuningtyas, Sp. KG.
  3. drg. Ruliyanto, Sp. Ort.
  4. drg. Aini Mulyono, Sp. Perio.
  5. drg. Owin Bambang Wijanarko, Sp. Pros.

FASILITAS PEMERIKSAAN GIGI di KLINIK GIGI RSIY PDHI

Pemeriksanaan gigi di RS Islam Yogyakarta PDHI dilakukan dengan cara pemeriksaan radiografi secara konvensional. Radiografi konvensional adalah radiografi yang menghasilkan gambar 2-Dimensi. Pencitraan radiografi konvensional untuk gigi sering diperlukan sebagai diagnosa penunjang dari berbagai kasus yang sering terjadi dalam dunia kedokteran gigi.

Dalam dunia kedokteran gigi sendiri terdapat dua jenis radiografi yaitu radiografi intraoral dan ekstraoral. Radiografi intraoral seperti radiografi periapikal, bitewing dan oklusan. Sedangkan radiografi ekstraoral seperti radiografi panoramic (OPG) dan radiografi cephalometri. Keduanya merupakan radiografi konvensional yang sering digunakan dalam diagnosa penunjang.

Radiografi periapikal merupakan teknik intraoral yang dirancang untuk menunjukkan gigi individu dan jaringan di sekitar apeks. Setiap film biasanya menunjukkan 2-4 gigi dan memberikan informasi rinci tentang gigi dan tulang alveolar sekitarnya.

Radiografi panoramik sangat populer dalam teknik kedokteran gigi. Hal ini dikarenakan pada satu film dapat menampilkan semua gigi dan struktur pendukungnya. Selain itu, teknik ini cukup sederhana serta dosis radiasi yang relatif rendah.

Radiografi oklusal didefinisikan sebagai radiografi intraoral yang tekniknya diambil menggunakan gigi sinar-X. Dimana film kecil intraoral yang ditempatkan pada bidang oklusal.

Pada teknik pengambilan gambar radiografi panoramik, objek (kepala) berada pada posisi statis / diam, sedangkan sumber sinar / target dan film bergerak memutar secara bersamaan dan dinamis. Sinar akan menumbuk struktur gigi-geligi dari arah lateral menutu medial dan kembali ke sisi lateral yang lain.

Sinar yang telah memapar pada facial dan gigi-geligi, akan ditangkap oleh film panoramik yang bergerak, yang ukurannya cukup panjang. Dengan demikian akan terbentuk gambaran struktur fasial dan gigi-geligi yang cukup luas dan mamungkinkan untuk melihat gambaran gigi secara keseluruhan / lengkap.

Pada teknik pengambilan gambar radiografi oklusal, film diletakkan pada bidang oklusal gigi, dan arah sumber sinar berada pada sisi bawah ataupun atas kepala. Sinar akan menumbuk struktur gigi pada bagian oklusal, dan akan ditangkap oleh film oklusal. Hasil yang didapat ialah gambaran struktur gigi-geligi dengan arah pandang dari sisi bidang oklusal.

Semua teknik pemeriksaan yang digunakan mempunyai tujuan masing-masing yang pada intinya sama-sama memberikan hasil penunjang bagi pemeriksaan gigi. Dengan fasilitas pemeriksaan gigi tersebut, akan didapat hasil pemeriksaan gigi yang penting dan akurat bagi diagnose penunjang selanjutnya sehingga akan menghasilkan tindakan yang tepat.

Karenanya, RS Islam Yogyakarta PDHI selalu melakukan pemeriksaan gigi secara optimal dengan fasilitas mutakhir agar menghasilkan pemeriksaan yang akurat utuk tindakan lanjutan yang tepat. Sehingga hal tersebut benar-benar menghasilkan pemeriksaan yang tepat demi terjaganya kesehatan gigi pasien.

KENAPA HARUS PERIKSA GIGI DI KLINIK GIGI RSIY PDHI?

Sakit gigi? Jangan sampailah. Kalau bisa jangan, karena sakitnya sungguh sangat menyiksa. Saking sakitnya, sampai ada yang yang berkilah “sakit gigi lebih sakit dari pada sakit hati”. Masak sih? Ya, begitulah rata-rata ungkapan yang muncul dari para penderita sakit gigi. Anda setujukan? Jika Anda pernah sakit gigi, tentu sangat setuju.

Saat Anda sakit gigi, hal yang terpenting adalah pergi ke dokter gigi agar rasa sakit senut-senut yang selalu muncul seolah berbarengan detik jam itu dapat segera hilang. Anda tidak salah jika mempercayakan pelayanan dan pemeriksaan kesehatan gigi Anda di Klinik Gigi di RSIY PDHI.

Klinik Gigi di RSIY PDHI memiliki banyak keunggulan yang membuat Anda memilih berobat di sini.

1. Dokter Gigi yang Lengkap dan Kompeten

Klinik Gigi RSIY PDHI memiliki dokter-dokter gigi yang sangat kompeten, care, dan mengerti keluhan-keluhan kesehatan gigi Anda. Mereka sudah berpengalaman menangani banyak pasien. Selain itu, Klinik Gigi RSIY PDHI ditunjang dengan dokter gigi spesialis bedah mulut, konservasi gigi, orthodonti, prostodonti dan periodonti.

2. Fasilitas Lengkap

Klinik Gigi RSIY PDHI ditunjang dengan fasilitas yang lengkap untuk kebutuhan diagnosa dan tindakan terhadap keluhan-keluhan kesehatan gigi Anda. Dengan fasilitas pemeriksaan gigi tersebut, akan didapat hasil pemeriksaan gigi yang penting dan akurat bagi diagnose penunjang selanjutnya sehingga akan menghasilkan tindakan yang tepat.

3. Pelayanan Cepat dan Ramah

Pelayanan kesehatan di RSIY PDHI sudah menggunakan sistem digitalisasi dan pelayanan yang ramah kepada pasien. Sistem digitalisasi menawarkan pelayanan yang cepat, rekam medis yang tercatat di sistem dan penulisan resep yang akurat. Sedangkan pelayanan kami sudah mendapat pelatihan dan sertifikat WOW Service Exellent dari MarkPlus.

SAKIT GIGI PADA IBU HAMIL, BEGINI PENJELASANNYA

Sakit gigi saat hamil merupakan hal biasa yang dialami oleh kebanyakan ibu hamil. Masalahnya, setiap ibu pasti ingin kehamilannya lancar tanpa terganggu masalah kesehatan apapun termasuk masalah gigi. Namun di masyarakat beredar mitos bahwa pada saat ibu sedang hamil, kalsium gigi ibu akan diserap oleh janin sehingga menyebabkan gigi rapuh dan akhirnya tanggal. Benarkah demikian?

Mitos itu jelas tidak benar. Sebenarnya yang terjadi adalah adanya derajat keasaman dalam rongga mulut akibat perubahan hormonal selama kehamilan sehingga menyebabkan kondisi mulut menjadi asam dan mudah karies. Perubahan dalam rongga mulut yang sering terjadi adalah radang gusi atau gingivitis yang disebabkan oleh plak yang menumpuk ditambah kadar hormon estrogen dan progesteron yang meningkat sehingga menyebabkan radang gusi.

Hal ini ditandai dengan permukaan gusi yang berwarna merah, membesar dan mudah berdarah. Biasanya hal ini terjadi pada gigi depan. Apabila radang gusi tidak segera ditangani akan meluas ke jaringan pendukung gigi yang menyebabkan gigi goyang. Pada beberapa kasus dapat terjadi pertumbuhan massa seperti tumor yang timbul di antara dua gigi berwarna merah keunguan yang disebut Epulis gravidarum. Hal ini diakibatkan karena kurangnya kebersihan mulut dan banyaknya plak serta karang gigi.

Sedangkan kerusakan gigi karena karies bukan efek dari kehamilan melainkan akibat dari konsumsi gula yang berlebihan. Bisa juga disebabkan oleh erosi asam lambung karena ibu hamil sering mual dan muntah. Sehingga akibat dari asam lambung dapat merusak email gigi dan gigi mudah karies atau berlobang. Ibu hamil juga mengalami sindrom mulut kering yang memicu karies yang lebih aktif. Di pentingnya melakukan pemeriksaan gigi sebelum hami dan perawatan gigi saat ibu hamil.

Perawatan rutin gigi tujuannya untuk meningkatkan kebersihan rongga mulut yang meliputi pembersihan karang gigi dan plak. Perawatan ini aman dilakukan selama kehamilan. Bagi ibu hamil, tidak dianjurkan untuk menyikat gigi serta berkumur-kumur dengan obat antiseptik. Bila memang terpaksa dilakukan, cara yang benar adalah dengan dengan kapas atau cotton bud yang dicelupkan obat kumur untuk dioleskan pada bagian gigi, setelah itu baru berkumur dengan air putih. Artinya, sakit gigi saat hamil lumrah dialami para ibu hamil sehingga membutuhkan obat sakit ibu hamil dengan obat khusus.

Sedangkan untuk ibu hamil yang mengalami morning sickness, bisa berkumur dengan baking soda yang dilarutkan dalam segelas air. Hal ini bertujuan untuk menetralisir asam di rongga mulut dan menurunkan resiko erosi pada email gigi. Jika terjadi morning sickness, sebaiknya jangan terburu-buru menyikat gigi. Selain itu, ibu hamil juga dianjurkan mengunyah xylitol untuk menurunkan jumlah bakteri kariogenik.

Perawatan lain seperti penambalan gigi dan perawatan saluran akar bisa dilakukan selama kehamilan untuk menghindari infeksi dan rasa sakit di gigi saat trimester akhir. Untuk pencabutan sebaiknya ditunda kecuali dalam keadaan darurat dan bisa dilakukan trimester kedua karena pembentukan organ tubuh janin sudah lengkap. Sedangkan untuk pemutihan gigi atau bleaching sebaiknya ditunda dahulu. Begitu pula untuk rontgen atau x-ray sebaiknya jangan dilakukan.

Oleh: drg. Sikarini, dokter Gigi RS Islam Yogyakarta PDHI
Info Pendaftaran (Hotline RSIY PDHI) WA : 085280002010

CARA MERAWAT GIGI SAAT HAMIL

Untuk kesehatan gigi selama kehamilan, secara keseluruhan sangat disarankan untuk mulai menjaga kebersihan mulut dan kontrol gigi secara rutin sejak awal kehamilan atau sebaiknya sebelum kehamilan. Hal ini dilakukan agar ibu sehat jauh dari penyakit gigi yang bisa mengganggu kenyamanan selama kehamilan. Penyakit gigi dan mulut ibu hamil pada umumnya memang tidak berefek langsung pada janin yang dikandungnya.

Akan tetapi, bila selama kehamilan sang ibu mengalami gangguan atau sakit gigi, tentu sangat menyiksa sekali. Oleh karena itu, perlu perawatan gigi selama kehamilan. Di antara tips yang bisa dipraktikkan untuk menjaga kesehatan gigi selama kehamilan di antaranya ialah :

  1. Pilih sikat gigi yang berbulu lembut dan ukuran sesuai.
  2. Sikatlah gigi dengan baik dan benar yakni yang menjangkau seluruh permukaan gigi dengan arah dari gusi ke gigi.
  3. Konsumsi makanan kaya kalsium seperti telur, susu, keju sejak bulan kedua kehamilan.
  4. Hindari merokok karena dapat memperparah kerusakan gigi dan kondisi janin bisa terpengaruh dan lahir dengan kelainan.
  5. Berkumur dengan air garam hangat setelah muntah. Obat kumur sebaiknya dihindari atau atas saran dokter.
  6. Apabila sakit gigi menyerang jangan asal membeli obat bebas karena sebagian besar obat tidak baik untuk janin.

Komunikasi antara dokter gigi, ibu hamil dan dokter kandungan perlu lebih intensif sehingga resiko bisa diminimalkan. Semoga pameo setiap kali hamil satu gigi hilang tidak berlaku lagi.

Oleh: drg. Sikarini, dokter Gigi RS Islam Yogyakarta PDHI
Info Pendaftaran (Hotline RSIY PDHI) WA : 085280002010

0 Komentar