Mengapa Gula Darah Tinggi Dapat Menyebabkan Kerusakan Saraf?

Diabetes mellitus adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang terlalu tinggi. Pengobatan diabetes mellitus berfokus pada pengendalian kadar gula darah dalam batas normal.

Kegagalan pengendalian kadar gula darah dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan munculnya komplikasi di sistem saraf. Gejala yang sering muncul di antaranya pandangan mata kabur, kaki dan tangan sering kesemutan dan mati rasa, muncul ulkus di kaki dan tangan.

Mengapa hal ini terjadi?

Tidak semua sel tubuh membutuhkan insulin untuk menyerap zat gula dari darah. Sel-sel yang tidak membutuhkan insulin untuk menyerap zat gula ialah sel saraf, sel lensa mata, sel-sel ginjal, dan sel pembuluh darah. Dengan demikian, meskipun mengalami diabetes mellitus sel-sel tersebut tidak kekurangan zat gula. Justru yang mungkin terjadi adalah sebaliknya. Ketika zat gula dalam darah terlalu tinggi, sel-sel organ tersebut menyerap gula dengan kadar yang terlalu tinggi. Kadar gula yang terlalu tinggi menyebabkan sel overload, seperti balon yang terisi udara terlalu banyak (proses osmosis). Kadar gula dalam sel yang terlalu tinggi juga menurunkan kadar antioksidan dalam sel (NADPH). Kedua hal tersebut membuat sel rentan mengalami kerusakan.

Referensi:
Mitchell, RN, Kumar, V, Abbas, AK, Fausto, N, and Aster, JC 2012, Pocket Companion to Robbins and Cotran Pathologic Basis of Disease, Philadelphia: Elsevier-Saunders.

0 Komentar

PRESTASI

logo_paripurna_syariah_rsiy_pdhi-min

JADWAL DOKTER

No upcoming events for today

Agenda / Event