Mengenal ‘Hb’ Lebih Dekat

Oleh: Erica Septi W, Analis Kesehatan RSIY PDHI

Apakah anda sering mendengar kata Hb? Atau anda tidak familiar dengan kata tersebut? Sebenarnya apa sih Hb itu? Hb atau singkatan dari hemoglobin adalah protein yang ada di dalam sel darah merah yang memberikan warna merah pada darah. Hemoglobin juga berfungsi berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, dan mengangkut karbon dioksida dari jaringan tubuh kembali ke paru-paru.

Hemoglobin merupakan salah satu pemeriksaan yang dapat diukur melalui tes darah lengkap, yaitu dengan memeriksa sampel darah yang biasanya diambil dari pembuluh vena pada lengan. Tingkat Hb dinyatakan dalam gram per desiliter (g/dL). Kadar normal Hb seseorang tergantung dari usia dan jenis kelaminnya dan masing-masing laboratorium memiliki rentang batas normal kadar Hb yang berbeda-beda. Secara umum, nilai normal kadar Hb dalam darah pada wanita adalah 12-16 g/dL sedangkan pada pria adalah 13-17 g/dL. Ketika kondisi Hb seseorang lebih tinggi atau lebih rendah dari normal, dapat menjadi tanda adanya gangguan kesehatan di dalam tubuh.

Apa yang menyebabkan kadar Hb lebih rendah dari normal? Penyebab Hb Renyah pada umumnya karena perdarahan yang dapat berasal dari luka, perdarahan di saluran cerna, saluran kemih, saat menstruasi berat, atau karena perdarahan pasca melahirkan.

Selain itu, Hb rendah juga dapat disebabkan oleh beberapa penyakit yang membuat produksi Hb atau sel darah merah berkurang seperti anemia defisiensi zat besi, anemia aplastik, defisiensi vitamin B12, hipotiroid, gagal ginjal kronis, leukemia, myeloma dan myelodysplastic syndrome. Efek samping obat kemoterapi juga dapat menyebabkan Hb menjadi rendah.

Jika setelah dilakukan pemeriksaan, hasil menunjukkan kadar Hb anda rendah, apa yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan Hb? Hemoglobin dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi suplemen zat besi, meningkatkan asupan makanan yang kaya akan zat besi seperti telur, bayam, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, dan makanan laut. Makanan yang mengandung vitamin B6, asam folat, vitamin B12, dan vitamin C dapat membantu meningkatkan Hb. Bila Hb rendah sekali maka dapat dilakukan tindakan transfusi darah.

Sedangkan bila kadar Hb dalam tubuh melebihi batas normal apakah yang dapat menjadi penyebab? Kondisi Hb tinggi biasanya terjadi akibat reaksi tubuh saat kadar oksigen turun sehingga tubuh berusaha untuk segera memasok oksigen lewat Hb. Hal ini juga dipegaruhi beberapa kondisi kesehatan seperti PPOK (Penyakit Paru Obstruksi Kronis) dan penyakit jantung bawaan yang bisa menurunkan kadar oksigen dan menyebabkan kadar Hb menjadi lebih tinggi. Kelainan sumsum tulang dan penggunaan obat-obatan jenis erythropoietin juga dapat menjadi penyebab Hb tinggi. Lalu bagaimana menurunkan kadar Hb yang melebihi normal? Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan cukup mengonsumsi air mineral, karena dehidrasi bisa menjadi salah satu penyebab tubuh Anda memiliki kadar Hb tinggi.

Yang paling penting, apabila Anda atau anggota keluarga mengalami gejala Hb rendah atau tinggi dan memiliki gangguan kesehatan yang berisiko menyebabkan Hb rendah atau tinggi, sebaiknya segera menghubungi dokter untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan agar mendapatkan pengobatan dan treatment yang tepat.

0 Komentar

PRESTASI

logo_paripurna_syariah_rsiy_pdhi-min

JADWAL DOKTER

No upcoming events for today

Agenda / Event